Minggu, 06 April 2014

RPP PKn Kelas 4 SD Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :           SDN Merah Putih
Mata Pelajaran            :           PKn
Kelas / Semester          :           IV/ 1
Alokasi Waktu            :           8 x 35 menit ( 4 Pertemuan )
Hari / Tanggal             :           . . . /  . . .




STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami sistem pemerintahan desa dan kecamatan

KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

I.                  Indikator
Kognitif   :
1.    Menjelaskan keadaan wilayah desa dan kelurahan.
2.    Menyebutkan perangkat desa.
3.    Menjelaskan bagan struktur organisasi pemerintahan desa dan kelurahan.
4.    Menjelaskan lingkungan kecamatan.
5.    Menyebutkan perangkat pemerintahan kecamatan.
6.    Menjelaskan susunan organisasi pemerintahan kecamatan.

Afektif     :
1.    Menampilkan sikap positif terhadap pemerintahan desa dan kecamatan.
2.    Mengembangkan sikap berpikir kritis tentang pemerintahan desa dan kecamatan.
3.    Meningkatkan sikap tekun mengerjakan berbagai bentuk soal tentang pemerintahan desa, kelurahan maupun kecamatan.
4.    Menampilkan sikap disiplin mengikuti setiap proses pembelajaran.
5.    Mengembangkan sikap tanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Psikomotor          :
1.    Menggambar lingkungan desa di buku gambar a4.
2.    Membuat susunan organisasi pemerintahan desa, kelurahan dan kecamatan di buku tugas.

II.               Tujuan Pembelajaran
Kognitif          :              
1.        Setelah melakukan kegiatan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan keadaan wilayah desa dan kelurahan dengan benar.
2.        Setelah melakukan kajian literatur, siswa dapat menyebutkan perangkat desa dengan benar.
3.        Setelah melakukan kajian literatur, siswa dapat menjelaskan bagan struktur organisasi pemerintahan desa dan kelurahan dengan benar.
4.        Setelah melakukan kegiatan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan lingkungan kecamatan dengan benar.
5.        Setelah melakukan kajian literatur, siswa dapat menyebutkan perangkat pemerintahan kecamatan dengan benar.
6.        Setelah melakukan kajian literatur, siswa dapat menjelaskan susunan organisasi pemerintahan kecamatan dengan benar.

Afektif                        :
Siswa dapat :
1.      Menampilkan sikap positif terhadap pemerintahan desa dan kecamatan dengan baik.
2.      Mengembangkan sikap berpikir kritis tentang pemerintahan desa dan kecamatan dengan baik dan benar.
3.      Meningkatkan sikap tekun mengerjakan berbagai bentuk soal tentang pemerintahan desa, kelurahan maupun kecamatan dengan baik.
4.      Menampilkan sikap disiplin mengikuti setiap proses pembelajaran dengan baik.
5.      Mengembangkan sikap tanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik dan benar.

Psikomotor     :
Adanya perintah dan penjelasan dari guru, siswa dapat :
1.      Menggambar lingkungan desa di buku gambar a4 dengan baik dan rapi.
2.      Membuat susunan organisasi pemerintahan desa, kelurahan dan kecamatan di buku tugas dengan benar.

v Karakter siswa yang diharapkan :
1.   Disiplin
2.   Rasa hormat dan perhatian
3.   Berpikir kritis
4.   Tekun
5.   Tanggung jawab
6.   Ketelitian

III.           Materi Ajar
Pemerintahan Desa dan Kecamatan

IV.           Model / Metode Pembelajaran
a.    Model            :  Pembelajaran Kontekstual
b.    Pendekatan   :  PAIKEM
c.    Metode          :  Ceramah, Tanya Jawab, Produk, Tugas

V.               Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
A.    Pendahuluan
1.   Guru datang tepat waktu
2.   Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam
3.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
4.   Guru melakukan presensi dan penertipan kelas

Apresepsi dan motivasi         :
1.   Guru menanyakan dimana tempat tinggal siswa (apakah di desa atau di kota)
2.   Guru menanyakan apa yang ada di desa.

B.     Inti
·      Eksplorasi              :
1.    Menyampaikan Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ingin dicapai.
2.    Guru memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi wilayah pemerintahan desa.
3.    Guru meminta siswa secara bergantian untuk menceritakan gambar tersebut berdasar pengamatan dan pemikiran mereka.
4.    Guru memulai menanamkan konsep materi yang ingin dicapai berdasarkan pengamatan gambar.

·      Elaborasi                :
1.      Guru menjelaskan kembali tentang wilayah pemerintahan desa dan kelurahan serta syarat pembentukkan desa secara sederhana.
2.      Guru meminta siswa membaca buku ajar untuk lebih memahami konsep materi yang disampaikan.
3.      Guru bersama siswa melakukan kegiatan tanya jawab tentang perangkat pemerintahan desa
4.      Guru membimbing siswa untuk menulis rangkuman materi di buku catatan.

·      Konfirmasi                        :
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.      Guru memberikan tugas kepada tiap siswa untuk menggambar lingkungan desa di buku gambar a4.

C.    Penutup
1.   Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara aktif, kreatif, konsisten dan terprogram untuk mengetahui ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator.
2.   Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.
(bagan struktur organisasi pemerintahan desa dan kelurahan).
3.   Memberikan motivasi agar siswa tetap rajin dan tekun belajar.
4.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
5.   Menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam.

Pertemuan kedua
A.  Pendahuluan
1.   Guru datang tepat waktu
2.   Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam
3.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
4.   Guru melakukan presensi dan penertipan kelas

Apresepsi dan motivasi         :
1.   Untuk pembukaan materi, guru mengajak siswa untuk menyanyikan Naik – Naik ke Puncak Gunung “ dengan bersungguh-sungguh sambil berdiri dan bertepuk tangan.
2.   Guru menanyakan dimana tempat tinggal siswa (apakah di desa atau di kota)
B.  Inti
·      Eksplorasi              :
1.    Mengingat kembali materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
2.    Guru memberikan contoh soal pre test sederhana yang berkaitan dengan materi sebelumnya dan siswa menjawab.
3.    Tanya jawab tentang perangkat desa dan memulai menanamkan konsep materi yang ingin dicapai.

·      Elaborasi                :
1.    Guru membimbing siswa untuk membaca buku ajar agar lebih memahami konsep materi.
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab macam – macam organisasi pemerintahan desa dan kelurahan.
3.    Guru menjelaskan bagan struktur organisasi pemerintahan desa dan kelurahan.
4.    Guru membimbing siswa menulis rangkuman materi di buku catatan.
5.    Mengerjakan latihan soal yang berkaitan dengan materi.

·     Konfirmasi                        :
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.    Guru memberikan tugas kepada tiap siswa untuk membuat bagan struktur organisasi pemerintahan desa dan kelurahan di buku tugas.

Pertemuan ketiga
A.    Pendahuluan
1.   Guru datang tepat waktu
2.   Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam
3.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
4.   Guru melakukan presensi dan penertipan kelas
Apresepsi dan motivasi         :             
1.   Untuk pembukaan materi, Guru menunjukkan gambar wilayah desa
2.   Guru menanyakan materi sebelumnya tentang pengertian desa

B.  Inti
·      Eksplorasi              :
1.    Guru menunjukkan gambar peta wilayah kecamatan (peta monografi)
2.    Siswa mengamati dan bertanya jawab tentang gambar peta yang disajikan.
3.    Guru mulai menanamkan konsep materi berdasarkan pengamatan peta.

·      Elaborasi                :
1.    Guru menjelaskan kembali tentang wilayah kecamatan
2.    Mengajak siswa untuk membaca buku ajar untuk dapat lebih memahami konsep materi
3.    Guru bersama siswa bertanya jawab tentang perangkat pemerintahan kecamatan.
4.    Guru membimbing siswa untuk menulis rangkuman materi di buku catatan.

·      Konfirmasi                        :
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

C.    Penutup
1.       Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara aktif, kreatif, konsisten dan terprogram untuk mengetahui ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator.
2.       Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.
       (susunan organisasi pemerintahan kecamatan).
3.       Memberikan motivasi agar siswa tetap rajin dan tekun belajar.
4.       Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
5.       Menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam.

Pertemuan keempat
A.   Pendahuluan
1.   Guru datang tepat waktu
2.   Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam
3.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
4.   Guru melakukan presensi dan penertipan kelas

Apresepsi dan motivasi         :
1.   Untuk pembukaan materi, guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “ Naik Delman “ dengan bersungguh-sungguh sambil berdiri dan bertepuk tangan.
2.   Guru memberikan contoh soal pre test sederhana yang berkaitan dengan materi sebelumnya dan siswa menjawab.

B.  Inti
·      Eksplorasi              :
1.    Mengingat kembali materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
2.    Guru bersama siswa melakukan kegiatan tanya jawab tentang perangkat pemerintahan kecamatan dan memulai menanamkan konsep materi yang ingin dicapai.

·      Elaborasi                :
1.    Guru membimbing siswa untuk membaca buku ajar agar lebih memahami konsep materi.
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab macam – macam lembaga pemerintahan kecamatan.
3.    Guru menjelaskan bagan struktur organisasi pemerintahan kecamatan.
4.    Guru membimbing siswa menulis rangkuman materi di buku catatan.
5.    Mengerjakan latihan soal yang berkaitan dengan materi.

·     Konfirmasi                        :
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.    Siswa mencatat kesimpulan materi yang diajarkan dibuku catatan.
4.    Guru memberikan tugas kepada tiap siswa untuk membuat bagan struktur organisasi pemerintahan kecamatan di buku tugas.

C.  Penutup
1.  Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara aktif, kreatif, konsisten dan terprogram untuk mengetahui ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator.
2.  Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.
3.  Memberikan motivasi agar siswa tetap rajin dan tekun belajar.
4.  Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
5.  Menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam.

VI.           Sumber dan Media Pembelajaran
a.    Sumber            :
Sar, Sarjan . 2008 . Pendidikan kewarganegaraan : Bangga Menjadi Insan Pancasila 4 untuk SD/MI/ kelas IV . Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional .
b.        Media            : 1. Gambar – gambar yang relevan dengan materi ajar.
3. Papan tulis dan marker.

VII.        Penilaian
1.    Prosedur                    : a). Penilaian akhir
  b). Penilaian proses

2.    Jenis Penilaian           : a). Tertulis
  b). Sikap
  c). Produk
  d). Penugasan

3.    Bentuk Instrumen     : a). Soal pilihan ganda / uraian
  b). Pedoman penilaian sikap
  c). Pedoman penilaian hasil
  d). Pelaksanaan tugas

4.    Tindak lanjut             : a). Keputusan didasarkan pada KKM
  b). Perbaikan diberikan kepada yang belum mencapai
       KKM










                                                                          ............, ..............................
                      Mengetahui                                                                        
                   Kepala Sekolah                                                  Guru Mapel PKn




NIP :                                                                  NIP :



0 komentar:

Posting Komentar