Minggu, 06 April 2014

RPP IPS Kelas 3 SD Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :           SDN Merah Putih
Mata Pelajaran            :           IPS
Kelas / Semester          :           III/ 2
Alokasi Waktu            :           4 x 35 menit ( 2 Pertemuan )
Hari / Tanggal             :           . . . /  . . .




STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang.

KOMPETENSI DASAR
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan.

I.                  Indikator
Kognitif   :
1.    Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan di sekitar kita.
2.    Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa.
3.    Menjelaskan jenis peralatan bekerja sesuai jenis pekerjaannya.

Afektif     :
1.    Meningkatkan sikap tekun mengerjakan berbagai bentuk soal jenis-jenis pekerjaan
2.    Menampilkan sikap disiplin selama KBM berlangsung
3.    Mengembangkan sikap tanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Psikomotor          :
1.    Menulis catatan kecil yang berisi jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa yang  ada di lingkungan rumah masing – masing siswa di buku tugas.
2.    Membuat tabel daftar pekerjaan dan hasil pekerjaan di buku tugas.

II.               Tujuan Pembelajaran
Kognitif          :              
1. Setelah melakuan kajian literatur, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan di sekitar kita dengan benar .
2. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa.
3. Setelah melakukan kegiatan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan jenis pekerjaan berdasarkan peralatannya.

Afektif                        :
Baik selama maupun setelah melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Meningkatkan sikap  tekun mengerjakan berbagai bentuk soal jenis-jenis pekerjaan dengan  baik dan benar.
2.      Menampilkan sikap disiplin selama KBM berlangsung dengan baik dan tertib.
3.      Mengembangkan sikap tanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan tepat.

Psikomotor     :
Adanya perintah dan penjelasan dari guru, siswa dapat :
1.        Menulis catatan kecil yang berisi jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa yang ada di lingkungan rumah masing – masing siswa di buku tugas dengan rapi dan benar.
2.        Membuat tabel daftar pekerjaan dan hasil pekerjaan di buku tugas dengan benar.

v Karakter siswa yang diharapkan :
1.   Disiplin ( Discipline ),
2.   Rasa hormat dan perhatian ( respect )
3.   Tekun ( diligence )
4.   Tanggung jawab ( responsibility )
5.   Ketelitian

III.           Materi Ajar
1.      Jenis – jenis pekerjaan.
2.      Jenis peralatan bekerja sesuai jenis pekerjaannya.

IV.           Model / Metode Pembelajaran
a.    Model            :  Pembelajaran Kontekstual
b.    Pendekatan   :  PAIKEM
c.    Metode          :  Ceramah, Tanya Jawab, Pengamatan (observasi), Tugas

V.               Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
A.    Pendahuluan
1.   Guru datang tepat waktu
2.   Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam
3.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
4.   Guru melakukan presensi dan penertipan kelas

Apresepsi dan motivasi         :
1.   Untuk pembukaan materi, guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “ Naik Delman “ dengan bersungguh-sungguh sambil berdiri dan bertepuk tangan.
2.   Guru menanyakan apa pekerjaan orangtua siswa dan mengapa orangtua bekerja.
B.     Inti
·      Eksplorasi              :
1.    Menyampaikan Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ingin dicapai.
2.    Guru memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi jenis – jenis pekerjaan .
3.    Guru meminta siswa secara bergantian untuk menceritakan gambar tersebut berdasar pengamatan dan pemikiran mereka.
4.    Guru memulai menanamkan konsep materi yang ingin dicapai berdasarkan pengamatan gambar.

·      Elaborasi                :
1.      Guru menjelaskan kembali tentang pekerjaan yang ada di sekitar kita secara sederhana dan alasan mengapa orangtua bekerja.
2.      Guru meminta siswa membaca buku ajar untuk lebih memahami konsep materi yang disampaikan.
3.      Guru bersama siswa melakukan kegiatan tanya jawab tentang jenis – jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa.
4.      Guru membimbing siswa untuk menulis rangkuman materi di buku catatan.

·      Konfirmasi                        :
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.      Guru memberikan tugas kepada tiap siswa untuk mencari informasi tentang jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa yang ada di lingkungan rumah masing – masing dan di tulis di buku tugas.

C.    Penutup
1.   Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara aktif, kreatif, konsisten dan terprogram untuk mengetahui ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator.
2.   Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.
( jenis pekerjaan berdasarkan peralatannya ).
3.   Memberikan motivasi agar siswa tetap rajin dan tekun belajar.
4.   Menyanyikan kembali lagu “ Naik Delman” dengan bersungguh – sungguh.
5.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
6.   Menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam.

Pertemuan kedua
A.  Pendahuluan
1.   Guru datang tepat waktu
2.   Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam
3.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
4.   Guru melakukan presensi dan penertipan kelas

Apresepsi dan motivasi         :
1.   Untuk pembukaan materi, guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “ Naik Delman “ dengan bersungguh-sungguh sambil berdiri dan bertepuk tangan.
2.   Tanya jawab tentang pekerjaan orangtua dirumah dan alasan orangtua bekerja.
B.  Inti
·      Eksplorasi              :
1.    Mengingat kembali materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
2.    Guru memberikan contoh soal pre test sederhana yang berkaitan dengan materi sebelumnya dan siswa menjawab.
3.    Guru menunjukkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi jenis peralatan bekerja sesuai jenis pekerjaannya.
4.    Guru bersama siswa bertanya jawab tentang materi jenis peralatan bekerja sesuai jenis pekerjaannya berdasar pengamatan gambar.

·      Elaborasi                :
1.      Guru membimbing siswa membuat tabel pengamatan Jenis Pekerjaan dan Peralatan Bekerja yang Sesuai di buku tugas.
2.      Guru mengarahkan siswa agar dapat melengkapi tabel satu demi satu.
3.      Guru meminta siswa untuk membaca tabel hasil pengamatan.
4.      Guru membetulkan jika hasil pengamatan siswa ada yang belum benar.

B.  Konfirmasi                        :
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.    Siswa mencatat kesimpulan materi yang diajarkan dibuku catatan.
4.    Guru memberikan tugas kepada tiap siswa untuk membuat tabel daftar pekerjaan dan hasil pekerjaan di buku tugas.

C.  Penutup
1.  Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara aktif, kreatif, konsisten dan terprogram untuk mengetahui ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator.
2.  Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.
3.  Memberikan motivasi agar siswa tetap rajin dan tekun belajar.
4.  Menyanyikan kembali lagu “ Naik Delman” dengan bersungguh – sungguh.
5.  Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
6.  Menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam.


VI.           Sumber dan Media Pembelajaran
a.    Sumber            :
Sunarso . 2008 . Ilmu Pengetahuan Sosial 3: untuk SD dan MI Kelas III . Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional .
b.    Media              : 1. Slide Power Point
2.  Gambar – gambar yang relevan dengan materi ajar.
3.    Papan tulis dan marker.

VII.        Penilaian
1.    Prosedur                    : a). Penilaian akhir
  b). Penilaian proses

2.    Jenis Penilaian           : a). Tertulis
  b). Sikap
  d). Penugasan

3.    Bentuk Instrumen     : a). Soal uraian
  b). Pedoman penilaian sikap
  d). Pelaksanaan tugas

4.    Tindak lanjut             : a). Keputusan didasarkan pada KKM
  b). Perbaikan diberikan kepada yang belum mencapai
       KKM










                                                                     

                                                                          ............, ..............................
                      Mengetahui                                                                        
                   Kepala Sekolah                                                  Guru Mapel IPA




NIP :                                                                  NIP :





0 komentar:

Posting Komentar