Minggu, 06 April 2014

RPP IPA Kelas 2 SD Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :           SDN Merah Putih
Mata Pelajaran            :           IPA
Kelas / Semester          :           II/ 2
Alokasi Waktu            :           8 x 35 menit ( 3 Pertemuan )
Hari / Tanggal             :           . . . /  . . .




STANDAR KOMPETENSI
3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
KOMPETENSI DASAR
3.1. Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar.


I.                  Indikator
Kognitif   :
1.    Menyebutkan sumber energi panas.
2.    Menyebutkan sumber energi listrik.
3.    Menyebutkan sumber energi cahaya.
4.    Menyebutkan sumber energi bunyi.
5.    Mengerjakan latihan soal macam – macam energi.

Afektif     :
1.    Meningkatkan sikap tekun mengerjakan berbagai bentuk soal macam – macam energi.
2.    Menampilkan sikap disiplin selama KBM berlangsung
3.    Mengembangkan sikap tanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Psikomotor          :
1.    Membuat mainan yang dapat menimbulkan energi bunyi.

II.               Tujuan Pembelajaran
Kognitif          :              
Setelah mengidentifikasi macam – macam energi, siswa dapat :
1.      Menyebutkan sumber energi panas dengan benar.
2.      Menyebutkan sumber energi listrik dengan benar.
3.      Menyebutkan sumber energi cahaya dengan benar.
4.      Menyebutkan sumber energi bunyi dengan benar.
5.      Mengerjakan latihan soal macam – macam energi di buku tugas dengan baik dan benar.

Afektif                        :
Baik selama maupun setelah melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Meningkatkan sikap  tekun mengerjakan berbagai bentuk soal macam – macam energi dengan  baik dan benar.
2.      Menampilkan sikap disiplin selama KBM berlangsung dengan baik dan tertib.
3.      Mengembangkan sikap tanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan tepat.

Psikomotor     :
Adanya perintah dan penjelasan dari guru, siswa dapat :
1.      Membuat mainan yang dapat menimbulkan energi bunyi.

v Karakter siswa yang diharapkan :
1.   Disiplin ( Discipline ),
2.   Rasa hormat dan perhatian ( respect )
3.   Tekun ( diligence )
4.   Tanggung jawab ( responsibility )

III.           Materi Ajar
1.      Sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi).
2.      Mainan yang dapat berbunyi.

IV.           Model / Metode Pembelajaran
a.    Model            :  Pembelajaran Kontekstual
b.    Pendekatan   :  PAIKEM
c.    Metode          :  Ceramah, Pengamatan (observasi), Tugas


V.               Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
A.    Pendahuluan
1.   Guru datang tepat waktu
2.   Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam
3.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
4.   Guru melakukan presensi dan penertipan kelas

Apresepsi dan motivasi         :
1.    Guru menyalakan lampu dan tanyakan kepada siswa bagaimana keadaan ruangan.
2.    Guru bertanya apakah siswa pernah membantu menjemur pakaian, untuk apa pakaian dijemur.

B.     Inti
·      Eksplorasi              :
1.    Guru mempresentasikan beberapa macam sumber energi.
2.    Mengajak siswa membaca buku materi untuk lebih memahami konsep energi.

·      Elaborasi                :
1.    Mengajak siswa untuk mengamati benda yang ada di sekitar kelas yang menggunakan energi panas ataupun energi listrik.
2.    Guru menunjukkan beberapa sumber energi panas dan listrik.
3.    Menanyakan kepada siswa beberapa energi yang telah diperkenalkan.
4.    Guru membimbing siswa membuat catatan.

·      Konfirmasi                        :
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.    Siswa mencatat kesimpulan materi yang diajarkan dibuku catatan.
4.      Guru memberikan tugas kepada tiap siswa untuk mencari informasi dan menuliskan sumber energi panas dan listrik yang lain.

C.    Penutup
1.   Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara aktif, kreatif, konsisten dan terprogram untuk mengetahui ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator.
2.   Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.
3.   Memberikan motivasi agar siswa tetap rajin dan tekun belajar.
4.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
5.   Menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam.

Pertemuan kedua
A.  Pendahuluan
1.   Guru datang tepat waktu
2.   Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam
3.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
4.   Guru melakukan presensi dan penertipan kelas

Apresepsi dan motivasi         :
1.   Tanya jawab tentang sumber energi panas dan listrik.
2.   Guru menanyakan mengapa malam hari tampak gelap, dan siang hari tampak terang benderang.

B.  Inti
·      Eksplorasi              :
1.    Guru membimbing siswa membuat tabel pengamatan.
2.    Guru menunjukkan beberapa sumber-sumber energi cahaya dan bunyi:
Misal :
a.    nyalakan lampu listrik
b.    nyalakan lampu senter
c.    bunyikan terompet
d.   bunyikan alat musik
e.    bunyikan bel
3.    Guru mengarahkan siswa agar dapat melengkapi tabel satu demi satu.

·      Elaborasi                :
1.    Guru meminta siswa untuk membaca tabel hasil pengamatan.
2.    Guru membetulkan jika hasil pengamatan siswa ada yang belum benar.

B.  Konfirmasi                        :
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.    Siswa mencatat kesimpulan materi yang diajarkan dibuku catatan.
4.    Guru memberikan tugas kepada tiap siswa untuk mencari informasi dan menuliskan sumber energi cahaya dan bunyi yang lain.

C.  Penutup
1.  Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara aktif, kreatif, konsisten dan terprogram untuk mengetahui ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator.
2.  Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.
3.  Guru meminta siswa untuk membawa peralatan yang diperlukan untuk pembelajaran berikutnya.
4.  Memberikan motivasi agar siswa tetap rajin dan tekun belajar.
5.  Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
6.  Menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam.

Pertemuan ketiga
A.    Pendahuluan
1.    Guru datang tepat waktu
2.    Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam
3.    Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
4.    Guru melakukan presensi dan penertipan kelas

Apresepsi dan motivasi         :
1.      Guru menunjukkan mainan gitar sederhana pada siswa.
2.      Mempersiapkan peralatan pembuatan mainan.

B.     Inti
·      Eksplorasi           :
1.    Guru menunjukkan / memberi contoh pembuatan gitar sederhana.

·      Elaborasi             :
1.    Guru meminta siswa mempersiapkan peralatannya dan membimbing siswa, tahap demi tahap pembuatan gitar sederhana.
2.    Guru meminta siswa mencoba peralatan yang sudah dibuatnya dengan bernyanyi.

·      Konfirmasi          :
1.    Memberi penghargaan hasil karya siswa.
2.    Memajang hasil karya siswa di ruangan kelas.
3.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
4.    Guru bersama siswa bertanya jawab kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
5.    Siswa mencatat kesimpulan materi yang diajarkan dibuku catatan.
6.      Guru memberikan tugas kepada tiap siswa untuk mencari informasi dan menuliskan sumber energi cahaya dan bunyi yang lain.
C.    Penutup
1.  Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara aktif, kreatif, konsisten dan terprogram untuk mengetahui ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator.
2.  Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.
3.  Memberikan motivasi agar siswa tetap rajin dan tekun belajar.
4.  Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
5.  Menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam.

VI.           Sumber dan Media Pembelajaran
a.    Sumber            :
Rositawati, S . 2008 . Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2 : UntuK kelas II Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah . Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional .
b.    Media              : 1. Slide Power Point
2.    Benda di sekitar kita yang berkaitan dengan sumber energi,
3.    Bahan bekas untuk membuat gitar sederhana.
4.    Papan tulis dan marker.

VII.        Penilaian
1.    Prosedur                    : a). Penilaian akhir
  b). Penilaian proses

2.    Jenis Penilaian           : a). Tertulis
  b). Sikap
  c). Produk (hasil pembuatan gitar sederhana)
  d). Penugasan

3.    Bentuk Instrumen     : a). Soal uraian
  b). Pedoman penilaian sikap
  c). Pedoman penilaian hasil
  d). Pelaksanaan tugas

4.    Tindak lanjut             : a). Keputusan didasarkan pada KKM
  b). Perbaikan diberikan kepada yang belum mencapai
       KKM










                                                                     

                                                                          ............, ..............................
                      Mengetahui                                                                        
                   Kepala Sekolah                                                  Guru Mapel IPA




NIP :                                                                  NIP :





1 komentar:

AKBAR.COM mengatakan...

cara downloadnya gmana

Posting Komentar