Senin, 31 Maret 2014

RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :           SDN Merah Putih
Mata Pelajaran            :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :           V/ 2
Alokasi Waktu            :           2 x 35 menit ( 1 Pertemuan )
Hari / Tanggal             :           . . . /  . . .



STANDAR KOMPETENSI
5.    Mendengarkan
       Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.

KOMPETENSI DASAR
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.

I.                  Indikator
Kognitif   :
1.    Menjelaskan pengertian peristiwa
2.    Menyebutkan contoh-contoh peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar
3.    Memahami cerita tentang peristiwa yang didengar.
4.    Memberikan tanggapan terhadap peristiwa yang didengar dengan alasan yang logis.
5.    Menentukan hikmah dari peristiwa yang didengar.

Afektif     :
1.    Menampilkan sikap positif terhadap cerita tentang peristiwa yang didengar.
2.    Mengembangkan sikap berpikir kritis untuk menanggapi peristiwa yang didengar atau dibaca dengan alasan yang logis.
3.    Meningkatkan sikap gemar membaca cerita tentang suatu peristiwa.
4.    Meningkatkan sikap tekun mengerjakan berbagai bentuk soal cerita tentang peristiwa.
5.    Mengembangkan sikap tanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Psikomotor          :
1.    Membuat cerita tentang peristiwa :
Kegiatan siswa yang di awali dari berangkat ke sekolah sampai proses pembelajaran di sekolah berakhir di buku tugas.

II.               Tujuan Pembelajaran
Kognitif          :              
1.   Setelah melakukan kajian literatur, siswa dapat menjelaskan pengertian peristiwa dengan benar.
2.   Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat memberikan contoh – contoh peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar dengan benar.
3.   Setelah melakukan kajian literatur, siswa dapat memahami cerita tentang peristiwa yang didengar dengan baik dan benar.
4.   Setelah melakukan kegiatan tanya jawab, siswa dapat memberikan tanggapan terhadap peristiwa yang didengar dengan alasan yang logis dengan baik dan benar.
5.   Setelah melakukan kegiatan tanya jawab, siswa dapat menentukan hikmah dari peristiwa yang didengar.

Afektif                        :
Siswa dapat :
1.      Menampilkan sikap positif terhadap cerita tentang peristiwa yang didengar dengan baik.
2.      Mengembangkan sikap berpikir kritis untuk menanggapi peristiwa yang didengar atau dibaca dengan alasan yang logis dengan baik dan benar.
3.      Meningkatkan sikap gemar membaca cerita tentang suatu peristiwa dengan tekun.
4.      Meningkatkan sikap tekun mengerjakan berbagai bentuk soal cerita tentang peristiwa dengan benar.
5.      Mengembangkan sikap tanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik dan benar.

Psikomotor     :
Adanya perintah dan penjelasan dari guru, siswa dapat :
1.        Membuat cerita tentang peristiwa :
Kegiatan siswa yang di awali dari berangkat ke sekolah sampai proses pembelajaran di sekolah berakhir di buku tugas dengan rapi dan benar.

v Karakter siswa yang diharapkan :
1.      Dapat dipercaya ( Trustworthines)
2.      Rasa hormat dan perhatian ( respect )
3.      Tekun ( diligence )
4.      Tanggung jawab ( responsibility )
5.      Berani ( courage )
6.      Ketulusan ( Honesty )

III.           Materi Ajar
Peristiwa

IV.           Model / Metode Pembelajaran
a.    Model            :  Pembelajaran Kontekstual
b.    Pendekatan   :  PAIKEM
c.    Metode          :  Ceramah, Tanya Jawab, Tugas

V.               Kegiatan Pembelajaran
A.    Pendahuluan
1.   Guru datang tepat waktu
2.   Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam
3.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
4.   Guru melakukan presensi dan penertipan kelas

Apresepsi dan motivasi         :
1.   Untuk membuka pelajaran, guru menanyakan kegiatan siswa mulai dari bangun tidur sampai berangkat ke sekolah.
(apa saja yang dialami siswa)

B.     Inti
·      Eksplorasi              :
1.    Menyampaikan Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ingin dicapai.
2.    Guru memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi
3.    Guru meminta siswa yang ditunjuk untuk menceritakan gambar tersebut berdasar pengamatan dan pemikiran mereka.
4.    Guru memulai menanamkan konsep materi yang ingin dicapai berdasarkan pengamatan gambar.

·      Elaborasi                :
1.      Guru menjelaskan kembali tentang pengertian peristiwa secara sederhana dan memberikan contoh peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar melalui kegiatan tanya jawab.
2.      Guru meminta siswa membaca buku ajar untuk lebih memahami konsep materi yang disampaikan.
3.      Guru menjelaskan langkah – langkah menanggapi peristiwa yang didengar.
4.      Guru menjelaskan cara menanggapi peristiwa secara lisan.
5.      Guru menunjuk siswa untuk membaca salah satu contoh cerita dalam buku ajar dan siswa yang lain diminta untuk mendengarkan dengan seksama.
6.      Guru meminta siswa untuk menanggapi cerita yang sudah dibacakan.
7.      Guru mengajukan pertanyaan sesuai dengan isi dari cerita yang telah dibacakan.
8.      Guru membimbing siswa untuk menulis rangkuman materi di buku catatan.
9.      Mengerjakan soal latihan di buku tugas.

·      Konfirmasi                        :
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.    Guru memberikan tugas kepada tiap siswa untuk membuat cerita tentang peristiwa :
Kegiatan siswa yang di awali dari berangkat ke sekolah sampai proses pembelajaran di sekolah berakhir di buku tugas.

C.    Penutup
1.   Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara aktif, kreatif, konsisten dan terprogram untuk mengetahui ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator.
2.   Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.
( mengidentifikasi unsur cerita : tokoh, tema, latar, dan amanat )
3.   Memberikan motivasi agar siswa tetap rajin dan tekun belajar.
4.   Salah satu siswa memimpin do’a sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
5.   Menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam.

VI.           Sumber dan Media Pembelajaran
a.    Sumber            :
Suyatno, H . 2008 . Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia: Untuk SD/MI Kelas V . Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional .
b.    Media              :  1. Gambar – gambar yang relevan dengan materi ajar.
 2. Papan tulis dan marker



VII.        Penilaian
1.    Prosedur                    : a). Penilaian akhir
  b). Penilaian proses

2.    Jenis Penilaian           : a). Tertulis
  b). Sikap
  c). Penugasan

3.    Bentuk Instrumen     : a). Soal pilihan uraian
  b). Pedoman penilaian sikap
  c). Pelaksanaan tugas

4.    Tindak lanjut             : a). Keputusan didasarkan pada KKM
  b). Perbaikan diberikan kepada yang belum mencapai
       KKM






                                                                           ............, ..............................
                      Mengetahui                                                                        
                   Kepala Sekolah                                              Guru Mapel B.Indonesia



........................................                                  ..................................................
NIP :                                                                  NIP :




0 komentar:

Posting Komentar